12.5.15

4 Bahan Makanan Ini Berisiko Tinggi Memicu Keracunan


http://kutips-kesehatan.blogspot.com

Kutips Kesehatan - Hampir seluruh orang didunia amat umum mengalami keracunan makanan. Dan tentunya tak semua jenis makanan bisa menyebabkan keracunan. Ada baiknya anda kenali dulu jenis makanan yang berisiko tinggi memicu keracunan.

Pada umumnya, Bakteri dan kuman selalu ada dalam makanan. Di antaranya Salmonella, E.coli, dan Campylobacter yang merupakan bakteri yang paling banyak ada dalam makanan, di antaranya makanan berikut ini yang dilansir pada laman detik.com.

1. Ikan laut

Ikan mentah sering mengandung bakteri scombrotoxin. Ikan tuna  paling besar risikonya. Bisa mengakibatkan sakit kepala hingga sakit perut yang luar biasa. Pastikan segala jenis ikan  masukkan ke dalam freezer untuk menghilngkan kuman.

Kerang dan tiram juga punya bakteri  norovirus. Bakteri ini mematikan, dan ada baiknya untuk menghirup aroma kerang sebelum mengonsumsinya. Jika yang tercium aroma air laut, berarti kerang itu masih layak dimakan. Hindari kerang beraroma aneh seperti bau busuk atau bau lainnya.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran tentu menyehatkan, namun terkadang berpotensi menyebabkan keracunan.  Centers for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat, daun selada dan bayam adalah sayuran dengan risiko paling tinggi mengandung kuman. Umumnya orang hanya mencucinya dengan air dan tidak memasaknya. ‘Seharusnya, cuci sayur ini dengan air garam atau air cuka untuk mematikan kuman, ‘ demikian saran Dr. Ritikka Samaddar dari Max Healthcare Saket, New Delhi.

3. Keju dan susu

Kehadiran staphylococcus aureus jadi penyebab Anda keracunan makanan. Bakteri ini ada di dalam makanan yang mengandung susu seperti susu murni dan keju. Keduanya seharusnya disimpan dalam suhu yang dingin. 

Susu juga harus melewati proses pasteurisasit agar kuman-kumannya mati. Keracunan ini bisa membuat  pingsan, muntah, sakit perut, dan diare. Jus juga harus diperhatikan kesegarannya. Pastikan juga saat mengkonsumsinya pilih buah yang steril agar terhindar dari bakteri.

4. Telur mentah

Hidangan telur mentah atau setangah matang terkadang sangat menggoda karena punya sensasi meleleh di mulut. Namun, hal ini ternyata bisa berdampak buruk karena telur ini punya kandungan bakteri Salmonella yang tidak sedikit. Sebaiknya konsumsi  telur yang sudah matang. Keracunan makanan akibat Salmonella dapat mengakibatkan diare, sakit perut, hingga demam.



Artikel Terkait

4 Bahan Makanan Ini Berisiko Tinggi Memicu Keracunan
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email