6.5.15

5 Cara Praktis Menerapkan Pola Makan Sehat

http://kutips-kesehatan.blogspot.com

Kutips Kesehatan - Menjalankan pola makan sehat dapat menjadi sebuah tantangan. Karenanya​ perlu membuat aturan makan dasar sebagai acuan untuk mempertahankan diet. Ini dapat menjaga konsumsi makanan sehat baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Berikut beberapa aturan ​ini bisa diterapkan untuk menjaga pola makan sehat yang dilansir pada halaman detik.com.

1. Membuat makanan sendiri

Memasak makanan sendiri penting dilakukan untuk menjaga pola makan sehat. Sebab membeli makanan jadi bisa saja mengandung pengawet dan aditif. Selain itu, memasak juga lebih hemat biaya. Tak perlu memasak yang rumit. Buat saja tumisan sayuran, daging panggang, atau olahan nasi praktis. Memasak bisa jadi penghalau keinginan menyantapdessert. Seandainya ingin dessert,  buatlah dessert sehat​, seperti shorbet buah atau koktail buah segar.


2. Makanan lokal dan sedang musim

Sebaiknya konsumsi makanan lokal yang sedang musim. Sebab makanan tersebut lebih segar dibanding yang tidak musim. Namun tak masalah jika ingin membeli makanan seperti lemon, jeruk, alpukat dan kacang-kacangan meski tak musim.
Buah atau sayuran yang sedang musim selain lebih segar, harganya juga lebih murah.​


3. Konsumsi secara moderat

Dibanding harus menghitung kalori dan menyingkirkan makanan tertentu, lebih baik konsumsi makanan secukupnya. Tetap gunakan lemak dan garam saat memasak, namun kurangi jumlah pemakaiannya. Begitu juga dengan jus, susu dan kopi. Tapi tetap jadikan air sumber hidrasi utama.


4. Kurangi makanan olahan

Sebaiknya jauhi makanan olahan yang kurang menyehatkan. Pilih beras merah dibanding beras putih, roti gandum dibanding roti putih, madu dibanding gula, dan lainnya. Konsumsi makanan yang lebih sedikit melalui proses ​pengolahan.

5. Makan bersama

Cobalah sarapan dan makan malam bersama keluarga. Ini bisa menjadi motivasi bagi yang memasak untuk membuat makanan sehat dan enak. Anak-anak juga bisa diperkenalkan dengan jenis makanan baru saat makan bersama. Mereka juga belajar tentang ​etiket makan​ yang baik.

Artikel Terkait

5 Cara Praktis Menerapkan Pola Makan Sehat
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email