8.9.15

5 Cara Memasak Agar Makanan Jadi Rendah Kalori

http://kutips-kesehatan.blogspot.com

Kutips Kesehatan - Asupan kalori bisa diatur mulai dari pemilihan bahan makanan. Tetapi yang tak kalah penting adalah proses pemasakannya. Karena proses memasak akan menambah jumlah kalori meskipun membuat makanan jadi lebih enak.

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengontrol asupan kalori. Bahan makanan yang sama dimasak dengan digoreng dan direbus akan berbeda kandungan kalorinya. Cukup lakukan 5 siasat praktis ini untuk mengontrol asupan kalori dari makanan.

1. Gunakan lebih banyak sayuran

Sayuran sangat mudah diolah. Matang dala waktu singkat, mengandung mineral, vitamin dan serat yang menyehatkan. Karena itu tambahkan sayuran seperti brokoli, bayam, kangkung, lettuce, oyong, pare dan sawi. Sayuran ini juga kaya akan antioksidan.

2. Pilih teknik memasak sehat

Beragam teknik memasak digunakan untuk mengolah makanan. Pilihlah cara memasak dengan direbus, dipanggang, dibakar atau ditumis. Karena cara ini lebih sedikit memakai minyak dan bahan makanan lebih awet nutrisinya.
Jika ada, gunakan wajan atau panci berlapisan antilengket dan tebal dasarnya agar tak perlu menambah banyak minyak atau mentega dan lebih tahan panas. Masakanpun menjadi lebih sehat.


3. Pilih sereal tanpa gula

Banyak produk sereal dijual dengan tambahan madu dan rasa manis buah. Tambahan gula ini memberi tambahan kalori. Karenanya pilih jenis sereal alami. Seperti oats, muesli, flaxseed, barley, quinoa, beras merah, beras hitam, tepung gandum utuh, dan lain-lain.

4. Gunakan beragam minyak sayur sehat

Minyak diperlukan untuk mematangkan makanan dan memberi rasa gurih pada makanan. Agar mendapatkan asupan nutrisi yang bagus dan rendah kalori, gunakan bergantian beragam minyak sehat. Seperti minyak olive, minyak kulit ari beras, minyak biji bunga matahari atau minyak biji anggur.

5. Padukan dengan makanan kaya protein

Protein hewani dan nabati tetap perlu dikonsumsi. Asupan protein bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Selain daging merah, bisa dipakai daging ayam, ikan, tahu, tempe, telur dan kacang-kacangan. Jika memakai daging, gunakan daging sapi tanpa lemak.


Artikel Terkait

5 Cara Memasak Agar Makanan Jadi Rendah Kalori
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email