8.9.15

6 Bahan Alternatif Buat Makanan Lebih Sehat

http://kutips-kesehatan.blogspot.com

Kutips Kesehatan – Hampir kebanyakan bahan makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi. Seperti krim, mentega, dan minyak. Selain itu makanan juga sering tinggi garam. Agar memasak lebih sehat, sebaiknya gantilah dengan bahan yang menyehatkan tubuh.

Anda juga bisa mendapatkan rasa makanan yang sedap meski mengganti sebagian bahan. Tak perlu mengikuti semua bahan dalam buku resep. Misalnya, mentega diganti dengan pemakaian alpukat untuk roti. Inilah beberapa alternatif bahan untuk makanan sehat :


1. Buttermilk - yogurt rendah lemak

Beberapa resep pancake menggunakan buttermilk agar lebih enak. Jika tak ada buttermilk, biasanya susu dicampur bersama perasan lemon. Untuk memangkas lemak dan sodium, ganti dengan yogurt rendah lemak.


2. Mentega - alpukat

Roti akan terasa lebih lezat dengan pemakaian mentega. Supaya lebih sehat, oleskan lumatan atau pure alpukat ke atas roti. Ini bisa melembabkan roti sekaligus mengurangi asupan lebih dari 75 kalori per sendok makan.


3. Bread crumb - oat

Jika di resep makanan ada pemakaian bread crumb, bahan ini bisa diganti dengan rolled oat (oatmeal). Oat bisa menyerupai tekstur bread crumb kemasan yang terkadang tinggi sodium. Cobalah haluskan oat sampai berbentuk serpihan kasar. Kemudian gunakan pada olahan makanan.


4. Minyak - saus apel

Tak hanya masakan, pembuatan kue juga memakai minyak. Ganti sebagian jumlah minyak pada resep dengan saus buah-buahan. Ini bisa mengurangi kalori pada cake, muffin dan roti manis. Saus apel juga enak untuk resep brownies dan cokelat.


5. Garam - jus sitrus

Garam seringkali ditambahkan sebagai sentuhan akhir pada sajian. Untuk menggantinya, pakailah jus dari buah sitrus seperti lemon atau jeruk nipis. Sedikit perasan dari buah tersebut dapat mengeluarkan rasa makanan, tanpa perlu menambah sodium. Coba ganti kebiasaan menaruh wadah garam di atas meja dengan semangkuk kecil irisan lemon. Ini dapat dilakukan saat makan ayam, ikan, nasi dan sayuran.


6. Tepung putih - tepung gandum utuh

Tepung terigu putih dipakai dalam olahan kue. Agar sehat, ganti separuh tepung putih dengan tepung gandum utuh (whole-wheat). Selain menyehatkan jantung, rasanya pun tak akan berubah.

Artikel Terkait

6 Bahan Alternatif Buat Makanan Lebih Sehat
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email