8.9.15

6 Makanan dan Minuman Yang Dapat Terhindar Dari Peradangan Sendi

http://kutips-kesehatan.blogspot.com

Kutips Kesehatan - Arthritis atau Peradangan dan pembengkakan di daerah persendian. Terdapat lebih dari 100 macam penyakit yang mempengaruhi daerah sekitar sendi. Hanya saja tak ada pantangan untuk makanan dan minuman yang dikonsumsi. Karenanya perlu cermat memilihnya.

Gejala klinis yang sering dirasakan adalah rasa sakit, ngilu, kaku, atau bengkak di sekitar sendi. Tidak seperti penyakit pada umumnya, tidak ada diet dan makanan khusus yang dapat mengobati arthritis. Hanya saja perlu cermat memilih dan meghindari makanan tertentu. Makanan dan minuman ini bisa dikonsumsi agar terhindar dari peradangan sendi.

1. Jahe

Jahe merupakan tanaman rempah yang kaya akan manfaat. Jahe sering diramu menjadi jamu untuk obat masuk angin, migran, rematik dan masih banyak lagi. Salah satu khasiat jahe yaitu dapat mengobati peradangan sendi. Sifat anti-inflamasi yang terkandung pada jahe dapat langsung mengobati bagian yang terkena peradangan sendi.

2. Jus Cherry

Jus buah cherry mengandung antosianin yang sangat tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan sendi. Dengan meminum jus cherry dari 1kg cherry dua kali sehari dapat membantu mengurangi peradangan sendi secara siginfikan.

3. Extra Virgin Olive Oil

Olive oil atau minyak zaitun mengandung zat yang disebut oleocanthal, yang mana dapat membatasi aktivitas peradangan sendi yang disebabkan oleh enzim. Tambahkan satu sendok makan penuh olive oil pada salad atau aneka hidangan lainnya untuk merasakan manfaatnya.

4. Asam Lemak Omega 3

Banyak uji klinis yang telah menetapkan khasiat dari mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Ikan dan minyak hati ikan kaya akan omega 3 tinggi dan cocok dikonsumsi pada saat diet. Karena dapat membantu mengurangi nyeri arthritis dengan cara menekan sitokin dan mengurangi aktivitas enzim pengikis tulang rawan.

5. Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan persendian sendi. Sifat dari antioksidan yang bagus untuk tubuh menjadikannya sebagai bagian penting pada diet anti-inflamasi. Vitamin C, selenium, karoten dan bioflavonoid adalah macam antioksidan yang sangat berkhasiat. Termasuk paprika manis, lemon, tomat, dan sayuran merah dan hijau bagus untuk dikonsumsi pada diet sehari-hari karena menyimpan persediaan antioksidan yang tinggi.

6. Vitamin dan Mineral


Mengonsumsi vitamin dan mineral secara rutin dapat memelihara kesehatan tulang. Kalsium sangat penting untuk menghindari osteoporosis dan adanya vitamin D dapat meningkatkan penyerapan dalam tubuh kita.

Artikel Terkait

6 Makanan dan Minuman Yang Dapat Terhindar Dari Peradangan Sendi
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email